Tulisan-tulisan ini...

Semua tulisanku diinspirasikan oleh kisah nyata, sungguh nyata, dengan nama dan beberapa hal telah kuganti untuk melindungi privasi orang yang bersangkutan. Tulisan-tulisanku ini tidak untuk mengangkat 'kecengengan' atau 'kesedihan' tetapi sebaliknya, kisah-kisah yang kutulis ini adalah kisah-kisah perjuangan yang walau tidak mudah namun akhirnya penuh kemenangan dari pribadi-pribadi yang berhati baik.

-Salam hormat & kasihku untuk semua keluarga Indonesia.

SecuplikPikir


- Add Yemayo-AEC BB Pin: 2736346A
- Whatsapp Yemayo-AEC: 0812-8985-9968

          Untuk pengguna HP Blackberry dan Android, download application Yemayo. Dapatkan berita seputar tulisan dan aktivitas kami, berikut tulisan-tulisan saya.

Mari berkenalan dengan Pre-School kami untuk usia 2 s.d 6 tahun, dengan konsep interaksi penuh dengan murid: www.juniory-pre-school.blogspot.com
          Untuk pengguna HP Blackberry application Yemayo Juniory Pre-School



Secuplik Pikir berisi: Cuplikan pikiran-pikiran praktis yang bisa dijalankan di dalam kehidupan sehari-hari namun bisa juga dijadikan bahan renungan untuk langkah ke depan yang lebih baik...


*) Hhmm.. Tahukah para suami bahwa melupakan tanggal ulangtahun pernikahan ataupun ulangtahun istri, sungguh-sungguh menyakiti hati istri sangat mendalam? Bagi istri itu sangat menyakitkan, bagi suami itu hanya sekedar 'lupa' dan tidak ada hubungannya dgn 'tidak sayang'. Jika hal-hal seperti ini sering diabaikan, inilah awal-awal keringnya keharmonisan. Ayo papa, ingat tanggal ultah ya. Ayo mama, jangan terlalu sensi-laaaahh... ;)
-----

*) Ayo test buat iseng2, hhmm, dalam 1 menit, ada berapa kata positif yg papa-mama mampu tulis nih? Misalnya: gembira, semangat, pandai... Banyaklah orgtua yg dalam 1 menit, hanya mampu menulis/mengucapkan kurang dari 10 kata positif.. Sebaliknya, kalau diminta kata sifat negatif, cenderung lancar.. Waduh! Yuk papa-mama, tambahkan perbendaharaan kata positif supaya lingkungan rumah dan keluarga ikutan positif ;)
-----

*) "Ayo belajar, kalau tidak belajar, mama aduin ke papa!" (pengaduan bisa juga dari papa ke mama). Hhmm, cukup byk orgtua seperti ini, otoritasnya sbg orgtua tdk cukup, terlalu mengandalkan pasangannya.. Anda akan terlihat lemah dan pasangan anda akan menjadi sosok yg ditakuti. Ini termasuk pola didik yg tidak kompak yg melunturkan rasa hormat anak pd orgtua baik pd yg lemah atau pd yg ditakuti.. Papa-mama, aku bisa diatur kok, nggak usah diadukan ke siapa2 dong ;)
*) Utk aturan baku; makan, belajar, mandi. Gunakan kalimat pendek. Kalimat panjang sering diabaikan anak & membuat orgtua jd semakin marah. Cth: "Sekarang mandi!" Pakai nada tegas, bukan nada marah shg anda hilang kendali. Jika anak tidak mau mandi jg, tuntunlah ke kamar mandi, tetap tenang, tak byk kata2.. Papa-mama, bersungguhkah akan perintah yg diberikan? Kalau cuma merepet aja sih, aku mau lanjut main aja deh.. ;)
-----

*) Jika anda ingin melatih putra/i anda, sebaiknya anda pun melakukan apa yg akan anda latihkan. Sbg contoh, jika hendak mengajari anak memakai sepatu, sebaiknya anda juga memeragakan memakai sepatu ke kaki anda.. Anak bukan hanya tertantang ingin bisa memakai sepatu sendiri, mereka juga tertantang ingin memamerkan bisa memakai sepatu lebih rapi dari anda.. Ayo papa-mama, ajarkan aku, aku bisa loooh, lihat aja deh..
-----

*) Akhir minggu nih.. Hhmm, daripada ke mal lagi, buat kue atau masakan bareng2 di dapur aja. Sepakati beberapa menu, bagi tugas dari hanya potong2 atau kocok2 telur, tepung, mentega.. Relakan dapur berantakan, nggak apa gosong sedikit. Nggak pakai ribut2. Yg penting seru! Kenangan manis ini akan diingat terus sepanjang hayat.. Ayo papa-mama, masak apa nih? Siapa tau kalau kakak kuliah nanti, hrs kost dan masak sendiri.. Hhmm, jadi ingat rumah deh..
-----

*) "Anak saya terlalu banyak nonton TV... terlalu banyak main games... Sudah saya larang, tetapi tidak digubris." Sebenarnya itu menunjukkan rumah yg pasif. Orangtua perlu kreatif juga memikirkan menyediakan kegiatan-kegiatan yang menarik. Jika tidak ada kegiatan pengganti, sudah barang tentu anak akan memilih kegiatan yang disukai hatinya saja. Ayo papa-mama, aku malah bingung kalau hanya dilarang tanpa ditawarkan alternatif lain yang asyik...


-----
 
*) Pada seminar-seminar saya, jika saya berkata, "saya minta dari peserta yg hadir angkat tangan, siapa yang pernah merasa hidupnya bahagia?".. Menarik hasilnya, selalu, hanya sekitar 30% peserta yang mengangkat tangannya.. Lalu apakah jumlah 70% yg tidak angkat tangan ini sungguh jumlah orangtua yang tidak pernah merasa bahagia? Hhmm, aura emosi apa yang mereka tularkan di rumah setiap hari? Banyak orang tidak pernah merasa bahagia karena berasal dari rumah yg tidak menularkan 'bahagia'..
-----


 *) Jika anak bersedih.. Jangan cepat tergoda untuk menghibur apalagi memberikan solusi. Orgtua boleh mendekati, boleh bertanya.. Tapi tahan diri untuk tidak berkomentar macam-macam jika tidak diperlukan. Mengapa? Biasakan anak berpikir dan berusaha mencari solusi untuk masalahnya.. Jika ia mendapatkan solusinya sendiri, maka ia akan lebih bangga dan lebih bertanggungjawab.. Boleh anda mendekat tapi biarlah ia belajar menghadapi hidup dengan berani...
-----

*) Kalau lagi santai... hhmmm, coba pikirkan 10 hal yang membahagiakan tentang rumah anda atau keluarga anda? Duh, kalau 3 hal saja susah didapat... menyedihkan sekali... Dan kalau anda dapat lebih dari 10 hal... wah! Senangnyaaa, selamat ya.. Faktanya, memang banyak rumah/keluarga yang tidak bahagia. Mari kita hadirkan rumah yang bahagia.. -Tetap semangat!!!
-----

 *) Kalau suasana rumah sedang agak hambar... sesekali papa atau mama cari ide dong untuk memberikan kejutan, seperti memberi hadiah kecil tak terduga, pergi ke suatu tempat tanpa direncanakan... Bingung idenya? Tidak akan bingung deh, coba bayangkan muka-muka yang akan tertawa gembira saat anda memberikan kejutan tersebut.. Belum lagi akan ada yang melompat kesenangan. Wah! Seru!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar